BLOG

MY PERSONAL JOURNEY

Tips-Tips Menjaga Keamanan Sepeda Motor

Gunakan Gembok Motor Sebelum Pergi Meninggalkan Kendaraan

Pencurian sepeda motor kerap terjadi di manapun dan kapanpun. Bahkan pencuri motor yang sudah ahli bisa sangat cepat meraibkan motor kesayangan Anda. Hal ini sangat meresahkan bagi Anda maupun orang-orang di sekitar Anda. Sebab saat seseorang sudah berusaha untuk mengamankan kendaraannya, namun para pelaku pencurian motor seolah tak kehabisan akal untuk mengambil motor incarannya.

Walaupun marak terjadi pencurian kendaraan bermotor, namun Anda sebaiknya tetap waspada dan mengawasi kendaraan supaya pencurian tidak terjadi pada Anda. Nah berikut adalah alat-alat sederhana namun sangat bermanfaat untuk menyelamatkan kendaraan Anda dari tindakan pencurian. Simak penjelasan berikut ini.

Gembok Motor

Cara ini cukup umum dilakukan oleh banyak orang untuk menghindari terjadinya pencurian motor. Memang tidak ada jaminan jika motor Anda akan tetap aman, namun setidaknya dengan menggunakan gembok pada rantai atau cakram motor, hal ini bisa menyulitkan kerja pencuri motor. Sebab, untuk bisa merusak gembok motor biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 5 menit. Buatlah kendaraan kesayangan Anda lebih aman dengan menggunakan gembok motor yang bisa didapatkan dengan harga sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah tergantung pada kualitasnya. 

Kunci Motor Variasi

Biasanya motor-motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan key shutter yang diharapkan bisa mempersulit pencuri motor untuk merusak kunci stang. Kendati demikian, hal tersebut tidak membuat motor Anda bebas dari pencuri. Karena pencuri selalu mempunyai berbagai metode untuk mendapatkan target incarannya. Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah membobol dengan menggunakan kunci T dan kunci lain yang sejenis.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengganti kunci motor bawaan dengan menggunakan kunci motor variasi yang banyak dijual di toko-toko modifikasi motor. Anda bisa memperoleh kunci motor variasi seharga kurang lebih lima puluh ribu rupiah.

Baut

Tahukah Anda alat kecil ini ternyata bisa membantu mengamankan kendaraan dari pencuri motor? Alat sederhana ini selain murah dan mudah didapat, juga ampuh dalam menghambat kerja pencuri motor.

Cara pengaplikasian baut sebagai pengaman bisa dikatakan cukup mudah. Pasang baut pada lubang piringan rem cakram di motor Anda. Selain letaknya yang cukup tidak terlihat, umumnya para kawanan pencuri motor tidak membawa kunci pas, tetapi hanya membawa kunci T untuk membobol rumah kunci pada kendaraan Anda saja. Jika pencuri berhasil membobol rumah kunci dan mesin motor sudah dalam keadaan menyala, baut yang sudah Anda pasang akan menghentikan laju sepeda motor Anda seketika. Namun, untuk bisa membuka bautnya kembali, pastikan Anda selalu menyiapkan peralatan seperti obeng di bagasi motor Anda.

Alarm

Cara kerja alarm pada motor memiliki fungsi yang sama dengan alarm mobil. Saat motor Anda mengalami suatu tekanan atau ada sedikit sentuhan, secara otomatis alarm Anda akan menyala dan mengeluarkan suara yang cukup keras untuk memberitahukan kepada orang-orang sekitar.

Di beberapa perusahaan motor di Indonesia sudah melengkapi penggunaan alarm untuk motor-motor seri keluaran terbaru. Namun, buat Anda yang memiliki motor produksi lama, tidak perlu khawatir karena Anda juga tetap bisa menggunakan alarm motor yang dibeli secara terpisah. 

Anda bisa mendapatkannya di toko-toko modifikasi sepeda motor atau di toko yang menjual perlengkapan rumah. Biasanya untuk satu buah gembok motor dibanderol dengan harga kisaran 150 ribu rupiah.

Nantinya, alarm motor ini akan dikoneksikan dengan sumber listrik dari motor Anda. bagi Anda yang tertarik untuk memasang alarm motor, usahakan untuk menaruh alarm di tempat-tempat yang sulit dijangkau, salah satunya bagasi motor.

Kunci Rahasia

Jika dirasa masih kurang dengan semua metode yang sudah dijelaskan, Anda tetap masih bisa menggunakan alternatif lain yakni menggunakan kunci rahasia yang bisa Anda temukan di toko-toko yang menjual spare part motor. Seperti namanya “Kunci Rahasia”, tidak ada orang yang mengetahui di mana letak kunci ini selain yang memiliki motor. Secara otomatis tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali kalau situasinya pencuri sudah mengetahui lokasi kunci rahasia ini ditaruh. 

Kabar baiknya, meski pencuri sudah berhasil merusak rumah kunci dan posisi kunci sudah dalam kondisi aktif, pencuri tidak akan bisa menyalakan motor Anda kecuali si pencuri motor bisa mengaktifkan kunci rahasia ini. Peletakkan kunci rahasia ini bisa bermacam-macam sesuai dengan keinginan pemiliknya. Soal harga. Kunci rahasia bisa didapatkan dengan harga sekitar 180 ribu rupiah.

Itulah lima jenis alat sederhana yang bisa Anda manfaatkan untuk mengamankan kendaraan kesayangan Anda. Meski terlihat agak memerlukan usaha dan cukup mengeluarkan banyak uang, namun hasilnya akan sangat terasa bagi Anda. Uang yang dikeluarkan untuk mengamankan kendaraan milik Anda tidak sebesar pengeluaran Anda untuk membeli satu unit kendaraan.