BLOG

MY PERSONAL JOURNEY

Mau Mobil Lebih Awet? Lakukan 6 Trik Berikut

Mengganti Oli Saat Mobil Sudah Mencapai 5 Ribu – 10 Ribu Kilometer

Kondisi jalanan yang padat ditambah dengan cuaca ekstrim membuat kendaraan dan komponennya bekerja lebih keras. Jika tidak melakukan perawatan dan servis secara rutin, maka kendaraan pastinya akan cepat panas dan rusak. Sebagai pemilik mobil, tentu saja Anda ingin yang terbaik bagi kendaraan kesayangan Anda tersebut. Untuk memastikan mobil lebih tahan lama dan nyaman dikendarai, para pemilik mobil harus selalu mengecek kondisi mobil dan melakukan perawatan secara berkala, baik oleh pribadi maupun oleh teknisi di bengkel.

Mengganti Oli

Jika Anda ingin mobil awet dan memiliki performa yang baik, langkah yang harus dilakukan adalah mengganti oli mobil dan filter sesuai dengan waktunya. Sebagai bagian yang krusial pada kendaraan, oli berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, sampai antikarat dalam mesin. Oli yang digunakan secara terus menerus akan terekspos oleh udara dan panas sehingga memotong daya penggunaannya. 

Umumnya, jadwal penggantian oli mobil disarankan saat mencapai 10 ribu kilometer. Namun, tidak jarang juga bengkel yang menganjurkan untuk mengganti oli setiap 5 ribu kilometer, jika setiap harinya memang berhadapan dengan kemacetan dan kondisi jalan yang tidak normal sehingga jarak tempuh menjadi sangat kecil. Solusinya adalah berpatokan pada tanggal dan kilometer pada catatan servis. Jika jadwal ganti oli sudah tiba, sebaiknya Anda melakukan penggantian oli mobil.

Mengisi Air Radiator Pakai Cairan Radiator atau Coolant

Untuk menghindari kondisi mesin mobil yang overheat, Anda perlu memastikan air radiator selalu terisi secara berkala dan jangan sampai kehabisan. Sebab, air radiator berfungsi sebagai pendingin saat mesin bekerja. Cairan coolant memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator agar tetap bersih dan awet. 
Jangan lupa juga untuk mengecek jenis cairan lain yang dibutuhkan mobil Anda, seperti power steering serta rem. Di samping itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, maka isi ulang tabung wiper dengan air bersih saat sudah mulai sedikit.

Selalu Memanaskan Mobil Serta Cek Kondisi Ban dan Kelengkapan Mobil

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan pelumas yang berguna sebagai pelapis saat komponen-komponen pada mesin saling bergesekan. Agar perserbaran pelumas merata, mesin harus terlebih dahulu dipanaskan sebelum digunakan. 

Panaskan mobil sesuai dengan penggunaannya. Jika relatif jarang digunakan, pemanasannya harus lebih lama dibandingkan dengan yang sering dipakai. Panaskan mesin hingga suhu atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas. Jika kendaraan sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, pemanasan mobilnya bisa dilakukan lebih cepat.

Memanaskan kendaraan sangat berkaitan dengan awet atau tidaknya kendaraan. Dengan memanaskan mobil, maka mesin terhindar dari kondisi ‘kaget’ dan pada akhirnya mobil bisa lebih awet. Sambil memanaskan mobil, Anda juga bisa mengecek kondisi ban dan kelengkapan lainnya seperti lampu-lampu dan kopling.

Memilih Bahan Bakar Berteknologi DYNAFLEX

Ternyata bahan bakar juga memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan kendaraan, terutama mobil. Tidak hanya nilai oktanya saja yang perlu diperhatikan, teknologi yang dimiliki dari BBM tersebut juga harus dilihat. Sebab bahan bakar yang baik, tidak hanya bisa membersihkan dan melindungi mesin, melainkan juga meningkatkan performa mesin agar lebih optimal. 

Pilihlah bahan bakar dengan teknologi baru yaitu DYNAFLEX yang memiliki 3x lebih banyak molekul pembersih yang mampu membersihkan endapan dan mengurangi gesekan mencapai 80 persen sehingga performa mesin dijamin akan lebih optimal. Selain itu teknologi ini membuat gesekan antar molekul dan dinding silinder diminimalisir sekecil mungkin. Hal ini sangat efektif untuk perawatan mesin kendaraan termasuk meningkatkan performa kendaraan Anda.

Bersihkan Mobil Agar Tidak Karat

Untuk kondisi mobil yang tahan lama dan nyaman dikendarai, perawatan tidak hanya difokuskan pada bagian mesin namun juga bagian luarnya. Dengan membersihkan mobil secara rutin, dapat mencegah kerusakan terlebih kondisi karatan pada beberapa bagian mobil. Apalagi bagi Anda yang memiliki kegiatan yang mengharuskan untuk menggunakan mobil dalam kondisi apapun, misalnya hujan, banjir atau panas ekstrim. Mencuci kendaraan sampai ke sudut-sudut sempit bagian mobil merupakan sebuah keharusan agar mobil lebih awet.

Mendatangi Dealer Resmi dan Terpercaya Tune Up Secara Rutin

Poin penting dari perawatan mobil adalah memberikan kepercayaan kepada ahlinya. Mobil membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara rutin agar tetap maksimal. Datang ke bengkel tidak melulu dengan tujuan servis besar, Anda juga bisa melakukan Tune Up yang berarti servis ringan untuk menjaga stabilitas performa mobil. Namun, jika Anda telah memakai bahan bakar berkualitas baik, rasanya servis ringan tidak mesti rutin dilakukan karena bahan bakar berkualitas baik juga sudah merawat mesin Anda setiap hari.

Percayakan kendaraan Anda kepada dealer dan bengkel terpercaya untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang menjamin standar kualitas pelayanannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan teknisi ahli tentang berbagai masalah pada kendaraan hingga jadwal untuk melakukan pergantian spare part tiba.

Lakukanlah beberapa trik tersebut jika Anda ingin memiliki kendaraan yang awet dan berperforma baik. Dengan melakukan pengecekan dan pembaharuan secara berkala, dijamin kondisi kendaraan Anda akan terus stabil dan bertenaga. Jangan lupa juga untuk memerhatikan kondisi bagian luar kendaraan. Jika ditemukan kecacatan, sebaiknya bisa langsung dibawa ke bengkel yang profesional agar hasilnya tidak mengecewakan Anda. Memang terkadang perlu merogoh kocek yang dalam, namun hasil yang sama juga pastinya akan Anda rasakan.