BLOG

MY PERSONAL JOURNEY

Beginilah Cara Merawat Jok Mobil Kulit

Sering melakukan pemeliharaan akan memperpanjang masa material tersebut dan juga akan membuat mobil Anda terlihat seperti mobil baru setiap harinya.
(Source: www.pexels.com)

Memiliki mobil yang dilengkapi dengan jok mobil kulit membuat seseorang terlihat sangat mengagumkan. Hal tersebut karena jok mobil kulit sangatlah identik dengan banyaknya mobil mewah dan mahal yang dijual di pasaran. Tidak hanya itu, jok mobil jenis seperti itu juga nyaman untuk digunakan, lebih tahan lama, dan memiliki wangi yang enak. Dan juga, jok kulit yang dirawat dengan baik dapat meningkatkan harga jual ketika Anda menaruh mobil ke pasaran. Akan tetapi, apabila tidak diurus dengan baik, jok mobil kulit akan terlihat menjijikan dan hanya akan menjatuhkan harga saja.

Meskipun mereka tahan lama dan mudah untuk dibersihkan, akan tetapi jok kulit membutuhkan perawatan yang sangat spesial dan perhatian penuh agar selalu terlihat bagus. Kulit merupakan material yang cenderung sangat mudah untuk pudar dan retak apabila sering terkena hawa panas dan cahaya matahari. Sering melakukan pemeliharaan akan memperpanjang masa material tersebut dan juga akan membuat mobil Anda terlihat seperti mobil baru setiap harinya. Lalu, bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

Pembersihan Secara Mendalam

Dalam tahap ini, langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah dengan menggunakan vakum untuk menyerap debu dan remahan lainnya. Apabila Anda tidak sering membersihkan jok, dapat dipastikan debu dan remahan pasti akan menumpuk dan menggumpal di antara jok. Melakukan vakum akan membuat Anda menghisap seluruh kotoran tanpa harus menyebarkannya ketika Anda mengaplikasikan pembersih kulit.

Selanjutnya, semprot pembersih kulit kesukaan Anda ke permukaan jok untuk membersihkan kembali debu dan remahan yang masih tersisa. Kemudian, gunakan sikat yang memiliki bulu halus agar tidak merusak jok. Gunakan sikat tersebut pada sudut dan sela-sela jok yang biasa menjadi tempat berkumpulnya debu tak terlihat. Dalam penggunaannya, jangan disikat dengan keras. Tetapi, Anda cukup sikat secara pelan dengan menggunakan gerakan memutar.

Setelah itu, gunakan handuk microfiber yang bersih untuk mengelap seluruh cairan yang masih tertinggal. Dengan begitu, jok kulit akan terasa sedikit lembab ketika disentuh. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, tunggu selama satu hari agar jok kulit Anda kering. Akan tetapi, kisaran waktu ini tergantung dengan cuaca tempat Anda berada.

Beri Kondisioner Pada Jok Kulit

Seusai menunggu sampai jok kering, kulit pasti terlihat sedikit kusam. Akan tetapi, hal tersebut sangatlah normal. Selanjutnya, gunakan kondisioner kulit secara merata untuk menghindari cairan berkumpul dalam satu tempat. Kondisioner jok kulit yang bagus akan membuat kulit tetap lembab, sehingga jok tidak akan mudah retak. Tidak hanya itu, jok juga akan terlindungi dari sinar matahari sehingga warna tidak akan memudar. Selanjutnya, tunggu selama 4 hingga 6 jam agar jok kulit menyerap kondisioner tersebut. Langkah terakhir, basuh jok tersebut dengan menggunakan handuk microfiber kering agar jok bersih dari sisa-sisa kondisioner.

Langkah-langkah di atas adalah cara untuk membersihkan jok secara keseluruhan. Akan tetapi untuk menghilangkan noda, Anda hanya perlu gunakan semprotan kulit ke noda tersebut. Kemudian, usap dengan halus menggunakan handuk microfiber dan tunggu selama lima menit. Apabila noda tetap tidak hilang, maka gunakanlah sikat pembersih dengan bulu halus dan sikatlah dengan gerakan memutar. Jangan terlalu ditekan agar tidak merusak kulit.

Membersihkan jok kulit sangatlah direkomendasikan untuk dilakukan setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Tidak hanya membuat jok terlihat selalu bersih, tetapi juga akan membuat Anda selalu merasa senang setiap kali mengendarai mobil Anda. Dan juga, pasti akan ada banyak orang yang mengira kalau mobil Anda adalah mobil baru meskipun mobil tersebut adalah mobil lama karena jok yang Anda miliki tetap terawat, bersih, dan wangi.