BLOG

MY PERSONAL JOURNEY

Tips Merawat Motor Matic

Sepeda Motor merupakan alat transportasi yang paling digunakan terutama di Indonesia. Hal ini membuat setiap jalanan di Indonesia penuh dengan motor dimana – mana. Bukan karena alasan memang motor memiliki kelebihan tersendiri di bandingkan mobil.

Menggunakan sepeda motor tentunya jauh lebih cepat dikarenakan bisa menyalip dengan lincah di jalan raya di bandingkan dengan mobil yang berukuran besar. Motor yang paling banyak dimiliki orang indonesia saat ini adala Motor yang bermesin Matic

Mesin Matic

Motor matic merupakan motor yang paling sering kita jumpai ketika berada di jalan. Bukan karena sebab motor matic ini di gemari melainkan karena motor matic lebih mudah di gunakan dari pada motor yang masih menggunakan sistem oper gear atau biasa di sebut motor bebek.

Dalam cara berkendara menggunakan motor matic para pengemudi hanya tinggal memutar stang gas yang ada dibelah kanan dan motor langsung bisa berjalan otomatis dibanding dengan moto bebek yang harus menaikan Gear 1 dulu baru bisa berjalan.

Tips Merawat Motor Matic

Walaupun dalam cara penggunaan link alternatif sbobet nya mudah tetapi kamu tetap harus merawat sepeda motor kamu agar bisa awet dan tahan lama. Berikut akan kami berikan cara merawat motor matic untuk kamu agar tidak cepat rusak.

Panaskan mesin motor sebelum digunakan

Perawatan pertama yang paling mudah adalah memanaskan mesin motor ketika baru digunakan , hal ini berguna untuk membuat oli didalam mesin sudah benar – benar siap untuk dijalankan agar performa mesin lebih maksimal. Cara memanaskan mesin cukup mudah anda hanya tinggal menyalahkan motor selama kurang lebih 10 menit dan baiknya menggunakan Kick Stater karena lebih mengurangi pengeluaran daya bateray pada motor tersebut di bandingkan menggunak Stater Elektrik.

Ganti oli secara rutin

Pergantian Oli dalam motor matic merupakan hal yang penting dalam perawatan motor, lakukan pergantian oli secara rutin setiap 1000 km dan per 5000 km untuk oli transimisi (Oli Gardan). Kalo acuan kilometer motor mati gimana ? buat kamu yang acuan kilometer nya mati kamu bisa melakukan pergantian oli setiap 2 atau3 bulan sekali dan pilihlah lah oli yang sesuai dengan motor mu yaitu Oli khusus matic.

Jangan Kehabisan Bensin

Bensin merupakan bahan bakar utama dalam setiap sepeda motor. Perawatan motor matic juga mencakup tentang bensin. Kamu tidak boleh sampai kehabisan bensin sampai benar benar kering di tangki mu, karena itu dapat membuat motor matic mu berhenti di jalan terutama pada injeksi usahakan agar selalu mengisi bensin ketika bar sudah merah jangan sampai habis karena itu akan berakibat merusakan motor matic. Biasakan mengisi bahan bakar selalu Full jika ingin berpergian jauh.

Ketahui kondisi vanbelt

Melakukan pengecekan pada vanbelt adalah hal yang harus dilakukan dan juga tidak boleh dilupakan dalam menjaga kondisi motor matic mu tetap awet. Kondisi vanbel bisa putus di tengah jalan apabila keadaan nya sudah rusak atau habis masa karena vanbelt terbuat dari bahan karat dan itu bisa mengakibatkan motor mu tak bisa berjalan lagi. Maka dari itu selalu mengecek vanbelt setiap tahun dan jika ingin mengganti nya gunakan lah suku cadang asli agar lebih terjami dan awet.

Perawatan AKI

Untuk mengecek kondisi aki pda motor matic memang tidak mudah karena berada didalam, oleh karenanya kebanyakan orang yang memiliki motor matic sering Mati AKI ketika sedang di perjalanan. Hal itu menyebabkan power motor berkurang dan juga cahaya dan klakson akan melemah bahkan motor tidak bisa di nyalahkan dengan stater elektrik. Jika itu terjadi maka pilihan satu – satu nya adalah menggunakan stater kick yang menggunakan banyak tenaga. Merepotkan bukan? oleh karena itu kami sarankan kamu untuk menganti aki setiap 7-8 bulan sekali.

Stabilkan Penarikan Gas

Biasanya orang yang baru belajar menggunakan motor pasti nya tidak stabil dalam penarikan gas nya seperti menurunkan kecepatan tiba – tiba disaat dalam kondisi kencang atau sebaliknya. Walaupun tidak langsung berpengaruh kamu harus tahu jika melakukan hal itu terus menerus dapat merusak umur mesin motor matic mu di karenakan tidak stabil nya penarikan gas akan menyebabkan motor rusak bahkan vanbelt mu bisa terputus.

Itulah beberapa saran dari kami untuk merawat motor matic kamu. alangkah baik nya kamu menservis motor mu setiap bulan nya kebengkel untul melihat kerusakan serta membersihkan dalaman mesin motor mu agar tetap awet di pakai.