BLOG

MY PERSONAL JOURNEY

Lakukan Hal Ini Sebelum Berkendara Malam Hari

Dalam berkendara, seseorang pastinya sangat mengutamakan penglihatan. Tetapi kemampuan untuk melihat tersebut mungkin akan menurun jika Anda berkendara pada malam hari. Tidak heran, jika berkendara di malam hari merupakan salah satu kegiatan yang paling memicu terjadinya kecelakaan di jalanan. Dari semua kecelakaan yang parah, rata-rata terjadi pada malam hari. 

Meskipun telah memiliki asuransi kesehatan dan kendaraan saat mengalami kecelakaan, namun tetap saja lebih baik jika berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan. Karena jika sudah mengalami musibah seperti itu, tidak hanya kerusakan pada kendaraan Anda, namun bisa jadi anggota tubuh Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini tentu sangat dihindari.

Nah, untuk mencegah terjadinya kecelakaan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini agar Anda bisa selamat sampai di tujuan. 

Mengecek Kondisi Kaca Mobil

Sebelum memulai berkendara di malam hari, hal yang paling penting dilakukan adalah mengecek kondisi kaca mobil. Pastikan kaca mobil dalam keadaan bersih. Jika kaca mobil dalam keadaan penuh dengan debu tentu saja akan membuat penglihatan Anda dalam berkendara menjadi kabur atau terganggu. Sebaiknya bersihkan kaca mobil terlebih dahulu sebelum berkendara, terutama pada malam hari. Untuk berjaga-jaga, pastikan penampung untuk pembersih kaca terisi penuh. Akan lebih baik jika diisi dengan cairan khusus pembersih kaca mobil. Sehingga jika Anda terkena cipratan atau kotoran saat berkendara, cairan pembersih tersebut bisa membersihkan melalui wiper.

Mengatur Sorotan Lampu Depan 

Seringkali ditemukan orang yang memiliki lampu depan dengan sorotan cahaya yang terbilang tidak wajar. Entah terlalu rendah atau terlalu ke atas. Jika lampu sorot depan terlampau rendah, maka Anda tidak dapat melihat jalanan. Sementara, jika terlalu ke atas sudah pasti akan mengganggu penglihatan pengendara lainnya. Jadi aturlah sorotan lampu depan pada kendaraan Anda secara optimal.

Menggunakan Lampu dengan Pencahayaan Baik

Lampu kendaraan dengan pencahayaan terbaik akan memberi keamanan dan kenyamanan pada pengendara. Selain itu bisa memberikan penerangan di perjalanan dengan baik. Tapi dengan catatan, tidak membuat pengendara di depan Anda menjadi silau ataupun terganggu. Karena hal tersebut akan menyebabkan kecelakaan yang terjadi di ruas jalan.

Menghindari Kaca Film yang Terlalu Gelap

Saat berkendara di malam hari, penggunaan kaca film pada kendaraan tentu lebih memengaruhi jarak pandang dan visibility dibandingkan saat mengemudi di siang hari. Standar kegelapan yang disarankan adalah 20 persen pada kaca depan, sedangkan kaca samping dan kaca belakang yaitu 40 persen.

Mengajak Teman

Selain memperhatikan kondisi luar dan dalam kendaraan, Anda juga perlu memerhatikan keselamatan diri sendiri. Jika ingin mengendarai mobil di malam hari disarankan untuk mengajak seorang teman untuk menemani Anda untuk berbincang selama menempuh perjalanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari diri dari kecelakaan atau kejahatan yang terjadi di malam hari.

Berhenti dan Menepi Sementara Saat Mengantuk

Jika dirasa sudah merasa lelah berkendara dan mengantuk, lebih baik Anda segera mencari tempat peristirahatan terdekat. Anda bisa berhenti dan mengambil sedikit waktu untuk tidur atau sekadar membeli makanan ringan atau minuman di tempat peristirahatan.

Kenali tanda-tanda jika Anda mulai membutuhkan istirahat. Gejalanya antara lain, kelopak mata terasa berat meskipun Anda telah mencoba membukanya berkali-kali, menguap berkali-kali, pikiran tidak fokus, kendaraan keluar dari jalur yang seharusnya. Kondisi tubuh yang sudah lelah dan mengantuk saat di perjalanan sangat tidak baik karena bisa membahayakan tidak hanya nyawa Anda, namun juga nyawa orang lain yang berkendara. Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Anda menepi sebentar untuk beristirahat.

Jadi itulah beberapa yang harus Anda perhatikan sebelum dan saat berkendara di malam hari. Karena berkendara dalam keadaan gelap membutuhkan fokus dan konsentrasi yang lebih dibandingkan berkendara pada siang hari. Sebaiknya Anda benar-benar memerhatikan kondisi mobil dan kesehatan Anda dalam berkendara. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalanan. Stay safe!